Senin, 04 Januari 2010

Hari Metta setiap 1 Januari

Metta (bhs. Pali) memiliki banyak arti, di antaranya kasih, sikap bersahabat, itikad baik, kemurahan hati, persaudaraan, toleransi, dan sikap tanpa-kekerasan.
Dengan metta kita menolak setiap bentuk kekerasan, kebencian, sakit hati, dan permusuhan. Sebaliknya kita mengembangkan sikap-batin yang bersahabat, murah hati, mudah mengerti dan dimengerti, serta selalu menghendaki kebahagiaan dan kesejahteraan makhluk lain. Metta yang sejati, bersih dari kepentingan pribadi. Ia tumbuh di dalam hati yang hangat oleh kasih dna simpati.
Dengan pengertian Metta ini maka para Umat Buddha merayakan hari Metta tepat pada tanggal 01 Januari setiap tahunnya. Umat Buddha merayakan hari Metta bersamaan dengan Penyambutan Tahun Baru Internasional. Hari Metta adalah hari Cinta Kasih bagi semua mahkluk hidup di dunia. Makna yang terkandung di hari Metta adalah kita sebagai umat manusia harus memulai lagi hal yang baru dengan senantiasa mengembangkan batin yang penuh Cinta Kasih agar perjalanan hidup kita sebagai manusia dapat membuahkan hasil yang baik karena semua tindakan yang kita lakukan adalah bersumber dari Pikiran. Jadi Barang siapa berpikir dengan batin yang penuh Cinta Kasih maka kehidupan kita lebih berarti dan tidak akan merugikan orang lain atau mahkluk lain. Karena Cinta Kasih adalah salah satu Sifat yang dimiliki setiap Mahkluk, hanya kadang mereka enggan untuk memunculkannya, sehingga kehidupan ini kadang terasa menyedihkan.

Marilah kita bersama – sama menyongsong kehidupan yang baru dengan senantiasa mengembangkan Cinta Kasih kepada Semua Mahkluk dimanapun mereka berada, jadikanlah diri kita seperti Matahari yang memancarkan Sinarnya kesegala Penjuru baik itu lembah, pegunungan, kota, desa, pulau, daratan, begitu juga kita pancarkanlah pikiran yang penuh Cinta Kasih Ini kepada semua mahkluk baik yang terlihat, maupun yang tak terlihat, besar maupun kecil, sedang, kurus, gemuk, jauh, dekat, yang terlahir maupun yang masih dalam proses kelahiran, dengan bertegad Semoga Semua Berbahagia.
Bagi mereka yang sudah paham dengan kehidupan duniawi, Cinta Kasih adalah hal yang mesti kita lakukan demi kebahagiaan semua Mahkluk. Siapa lagi yang tidak mengawali kehidupan kita yang baik jika bukan kita sendiri ?

1 komentar:

  1. Do you understand there is a 12 word sentence you can tell your partner... that will trigger intense emotions of love and instinctual attraction for you deep inside his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, please and care for you with all his heart...

    ===> 12 Words That Fuel A Man's Desire Response

    This impulse is so hardwired into a man's mind that it will make him try better than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    As a matter of fact, fueling this influential impulse is absolutely binding to achieving the best possible relationship with your man that as soon as you send your man a "Secret Signal"...

    ...You'll instantly find him open his heart and soul for you in such a way he's never expressed before and he'll perceive you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly attracted him.

    BalasHapus