Senin, 04 Januari 2010

TRIYANA DHARMA CENTER


Nama Vihara : Karmapa Triyana Dharma Center
Alamat : Jl. Bukit Darmo Golf R 18, Surabaya
Telp : 031 - 7384107 / 031 - 70589215
Fax : 031 – 7389775

Triyana Dharma Center yang berkembang dalam ajaran Agama Buddha Tantrayana ini di bawah kepemimpinan H. H. Karmapa XVII Ogyen Trinley Dorje dan Tai Situpa Rinpoche ke 12. Dharma Center ini merupakan sebuah pusat Dharma aliran Karma Kagyu yang diresmikan tanggal 30 April 2004 di Surabaya. Dalam hal ini, Karma Kagyu berharap dapat ikut menyumbangkan pikiran, ucapan, dan perbuatan dalam kegiatan-kegiatan Buddha, Dharma, dan Sangha di Indonesia.

Triyana Dharma Center ini terdiri dari empat lantai, dimana lantai pertama berfungsi sebagai ruang Puja dan administrasi. Pada lantai 2 terdapat ruang Dharmasala yang banyak digunakan difungsikan sebagai ruang Pelatihan meditasi dan puja bakti bersama, serta aktivitas lainnya yang bertujuan untuk pengembangan Buddha Dharma. Sedangkan lantai tiga adalah tempat tinggal sementara para Guru, Bhiksu, Lhama, Rinpoche. Kemudian lantai 4 terdapat ruang Buddha Amitabha dan ruang Dharmapala (Pelindung Dharma).

Rupang para Buddha dan Bodhisattva yang terdapat di Triyana Dharma Center ini di impor dari Khatmandu, Nepal.Rupang-rupang yang ada tersebut adalah Rupang Buddha Sakyamuni, Maitreya Buddha, Amitabha Buddha, Bhaisajyaguru Buddha, Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva Manjushri, Green Tara, White Tara, Zambhala.

Triyana Dharma Center ini juga terdapat banyak Thangka (berupa lukisan yang sangat indah yang digambar oleh para seniman Buddhist), Beberapa Thangka yang ada di Triyana Dharma Center yaitu Thangka Lima Keluarga Buddha (Wu Fang Fo), Thangka Sakyamuni Sang Buddha di Kalpakita, Thangka Medicine Buddha, Thangka Bodhisattva Manjushri, Thangka Bodhisattva Avalokitesvara, Thangka Green Tara dan 21 Tara, Thangka White Tara, Thangka Padmasambhava (Guru Rinpoche), Thangka Vajrasattva, Thangka 4 Direction Kings (Si Da Tian Wang) dan beberapa Thangka kecil lainnya.


Di Tibet, setiap bulan hari spesial / khusus Buddha ada 5 hari, yaitu Amitabha, Sakyamuni, Bhaisajyaguru, Dharmapala, dan Dakini. Pada hari-hari spesial tersebut akan diadakan acara khusus Blessing atau pemberian berkat dari para Guru atau Bhiksu, dimana semuanya di mulai dengan puja bakti bersama.

Jadwal Kegiatan Rutin
Hari Jam Acara
Minggu 08.00 Puja Green Tara
Senin 19.00 Puja White Tara
Selasa 19.00 Puja Amitabha / Bhaisajyaguru
Kamis 19.00 Puja Bodhisattva Avalokitesvara
Jumat 19.00 Latihan Ngondro
Sabtu
Puja Keliling

3 komentar:

  1. Namo Buddhaya,cuma mau tanya saja, kira2 di Triyana Dharma center ada lowongan kerja atau tidak ya?terimakasih.

    BalasHapus
  2. Nammo Buddhaya...selamat malam, mau tanya apakah ada lowongan tenaga kerja untuk saat ini. Terimakasih sebelumnya🙏🙏🙏

    BalasHapus
  3. Datang, dan ikut latihan tekwonndo .kejar sertifikat pelatih.jika berhasil, anda bisa memiliki passive income di lingkungan anda sebagai pengajar bela diri.

    Metta, romanov
    Bukan nama asli
    Brown belt martial art

    BalasHapus