Senin, 04 Januari 2010

Vihara Buddhayana Surabaya

Nama Vihara : Vihara Buddhayana Surabaya
Alamat : Raya Putat Gede no. 1 Surabaya 60189
Telp / Fax : 031 - 7321249


Vihara Buddhayana merupakan vihara pertama di Surabaya yang menjadi bagian dari Majelis Buddhayana Indonesia kota Surabaya. Vihara ini diresmikan langsung oleh YM. Bhante Ashin Jinarakhitta Mahastavira (Sukong) pada tanggal 27 Maret 1988. Vihara ini sudah banyak mengalami perubahan dari awal diresmikan hingga sekarang.

Vihara Buddhayana yang terletak di jalan putat gede ini mempunyai 3 lantai. Pada lantai 1 terdapat ruang Dharmasala yang dipergunakan untuk puja bakti (Theravada, Mahayana, dan Tantrayana), pemberkatan pernikahan, Kelas Dharma, Kelas Meditasi, dan lain-lain. Dibagian belakang Dharmasala terdapat ruang administrasi, ruang makan, tempat tinggal anggota Sangha, ruang pertemuan, dan ruang sekretariat Majelis Buddhayana Indonesia kota Surabaya. Pada lantai 2 terdapat ruang altar Avalokitesvara Bodhisattva (Guan Yin Phusa) dan beberapa rupang lainnya. Kemudian naik ke lantai 3 terdapat Perpusatakaan dan ruang Sekretariat Bersama PMVBI.

Pada ruang Dharmasala terdapat rupang Buddha Sakyamuni, rupang Buddha Amitabha, rupang Bhaisajyaguru Buddha (Buddha pegobatan), rupang Avalokitesvara Bodhisattva (Guan Yin Phusa), rupang Ksitigarbha Bodhisattva (Di Zhang Wang Phusa), dan ratusan rupang Buddha yang berukuran kecil. Pada lantai 2 terdapat banyak rupang Avalokitesvara Bodhisattva dengan banyak ukuran yang diletakkan pada altar khusus Avalokitesvara Bidhisattva. Pada lantai ini pula juga terdapat rupang beberapa Bodhisattva lainnya.

Acara rutin setiap hari minggu adalah kebaktian Muda-mudi pada pukul 08.30, kebaktian umum pada pukul 10.00, lalu juga terdapat sekolah minggu Buddhis pada pukul 10.00. Kebaktian muda-mudi dikelola oleh Persaudaraan Muda-mudi Vihara Buddhayana Surabaya, yang biasa dihadiri oleh para remaja hingga yang beranjak dewasa. Kemudian pada pukul 10.00 dilanjutkan kebaktian umum dengan yang tata cara sembahyang nya bisa Theravada ataupun Mahayana. Pada saat yang bersamaan pula, juga ada Sekolah Minggu Buddhis (Gelanggang Anak Buddhis Indonesia) didepan Vihara Buddhayana. Sekolah Minggu Buddhis ini ditujukan kepada anak-anak dari usia 3 tahun hingga yang sudah SMP. Sekolah Minggu ini dibagi menjadi 3 kelas yang ditujukan agar para siswa dapat lebih memahami materi yang disampaikan oleh pengajar-pengajar yang berkompeten.

Pada hari Senin hingga Jumat di Vihara Buddhayana juga ada kegiatan. Hari Senin Malam pukul 19.00 ada kelas Dharma yang diasuh oleh Romo Sugiarto, kemudian hari Selasa pukul 19.00 ada kebaktian khusus Mahayana, hari Rabu pukul 19.00 ada kebaktian khusus Tantrayana, hari Kamis pukul 19.00 Pan Gu Sheng Gong, hari Jumat pukul 19.00 ada latihan Meditasi. Pan Gu Sheng Gong yang diadakan setiap Kamis ini adalah latihan senam kesehatan yang diadakan oleh perkumpulan WULAN BAHAGIA.

Baby Blessing, mendoakan yang sakit, pemberkatan Pernikahan, dan Upacara pemakaman merupakan pelayanan yang diberikan Vihara Buddhayana bagi umat yang membutuhkan. Bagi umat yang membutuhkan pelayanan-pelayanan tersebut bisa langsung menghubungi Vihara Buddhayana.


Jadwal Kegiatan Rutin
Hari Jam Acara
Minggu 08.30 Kebaktian Muda Mudi
Minggu 10.00 Kebaktian Umum
Minggu 10.00 Sekolah MInggu
Senin 19.00 Dharma Class
Selasa 19.00 Kebaktian Mahayana
Rabu 19.00 Kebaktian Tantrayana
Kamis 19.00 Pan Ku Sheng Gong
Jumat 19.00 Latihan Meditasi
Latihan Vocal hari Senin & Selasa jam 19.00

11 komentar:

  1. Orang non-buddha seperti saya boleh mengunjungi vihara ini tidak?

    BalasHapus
  2. namo buddhaya
    untuk acara perayaan waisak, kebaktian dimulai jam berapa yah?

    BalasHapus
  3. kapan ... bisa ada waktu luang kesana lagi :)

    BalasHapus
  4. Saya sementara berada di Surabaya. Dan saya tertarik untuk belajar soal Buddhisme. Dimana saya bisa datang? Siapa yang bisa saya hubungi?

    BalasHapus
  5. Apakah di vihara ini ada kungfu shaolin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap hari senin, di BDC(Buddhayana Dharmavira Centre) ada latihan taekwondo yang terbuka untuk umum. silahkan mampir sekaligus datang ke vihara BDC yang bertempat di jalan panjang jiwo permai no. 44 surabaya.

      Hapus
  6. Vihara kok ada kungfu shaolin, Vihara itu tempatnya orang Xiulian (melatih ketidak terikatan thd hal fana), kalo ngelatih kungfu shaolin ke sasana wushu tempatku aja di jalan gembong utaranya itc.

    BalasHapus
  7. Vihara kok ada kungfu shaolin, Vihara itu tempatnya orang Xiulian (melatih ketidak terikatan thd hal fana), kalo ngelatih kungfu shaolin ke sasana wushu tempatku aja di jalan gembong utaranya itc.

    BalasHapus
  8. Saya mau belajar meditasi dulu apakah boleh?

    BalasHapus
  9. Wihara mengajar beladiri sebagai bentuk partisipasi kepada masyarakat.jadi bukan hanya baca buku paritta saja.kalau cuma baca, semua bisa tidak perlu vihara.lihat nu, ada silat pagar nusa. adikadik putri yang mau belajar, monggo hadir. Jangan baca buku saja, tapi sakit sakitan.olahraga khan ldbih baik

    BalasHapus