Selasa, 26 Januari 2010

SILAHTURAHMI NASIONAL LINTAS AGAMA dan SUKU BANGSA

KAMIS, 21 JANUARI 2010
GOR SIDOARJO
Jl. PAHLAWAN, SIDOARJO


Sebanyak ribuan orang dari berbagai umat beragama pada tanggal 21 Januari 2010 berkumpul pada acara Forum Silahturahmi Nasional Lintas Agama yang dihelat di GOR Sidoarjo. Acara tersebut dihadiri oleh enam pemuka agama, masing-masing perwakilan dari agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Acara tersebut juga melibatkan kurang lebih seribu orang perwakilan dari beberapa provinsi di Indonesia seperti suku bangsa Toraja, Maluku, NTT, Tapanuli dan Papua.

Acara yang diketuai oleh Bapak Ir Hadi Prasetyo, ME (Bapprprov) tersebut dihadiri oleh Bapak Hasyim Muzadi selaku Presiden World Conference on Religion and Peace (WCRP) dan Menteri Pertahanan Bapak Purnomo Yusgiantoro, dan juga Gubernur Jawa Timur Bapak Soekarwo. Diantara para undangan VVIP juga hadir Ketua MBI Jawa Timur Bapak Irwan Pontoh, Ketua MBI Surabaya Bapak Kho Jan Suwandi, Kepala Vihara Buddhayana Surabaya Ibu Ida Bagus Kartika Dewi dan juga Ketua SEKBER PMVBI Sdr. Ronally Poliangan.

Acara yang diadakan setelah acara natal bersama tersebut menampilkan berbagai macam tarian dan paduan suara dari berbagai daerah. Menampilkan sendratari kolosal “Anak-Anak Perdamaian”, paduan suara kolosal lintas gereja, dan paduan suara kolosal lintas agama yang diiringi oleh Impromptu Philharmonic Orchestra.

Acara yang dibuka dengan Lagu Kebangsaan itu langsung terlihat meriah ketika sebanyak 1000 orang yang tergabung dalam Paduan Suara Kolosal Lintas Agama menyanyikan Lagu-lagu Wajib Nasional seperti Rayuan Pulau Kelapa, Pemuda Indonesia, Doa Anak Negeri, dan lagu ciptaan Gombloh Gebyar-gebyar. Setelah serangkaian kata sambutan dari para undangan dan juga doa perdamaian dari gabungan pemimpin agama, acara ditutup dengan penampilan sendratari kolosal. Sendratari tersebut bertemakan “Anak-Anak Perdamaian”, yang dimana didalamnya tidak hanya menampilkan gabungan tarian dari suku-suku bangsa, tapi juga menampilkan tarian dari masing-masing agama. Didalam sendratari tersebut, dari Agama Buddha di wakili oleh WALUBI sedangkan untuk paduan suara kolosal diwakili dari Vocal Group Apsesi Vihara Buddhayana Surabaya.

Didalam acara yang mengambil tema “Damai di Bumi, Damai di Indonesia, Membangun Kesejahteraan Bangsa dalam Wadah NKRI” tersebut terkandung sebuah doa, yang berharap agar Bumi Indonesia selalu damai dengan berbagai macam agama dan suku bangsanya, sehingga kesejahteraan bangsa akan selalu ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar